MULTIMEDIA
Multi(latin) :
Banyak, bermacam-macam.
Media(latin)
:sesuatu yang dipakai untuk menyampaikan atau membawa sesuatu.
Medium [American Heritage Electronic Dictionary, 1991]
: alat untuk mendistribusikan dan mempresentasikan
informasi.
Multimedia adalah penggunaan komputer untuk menyajikan dan menggabungkan teks, suara, gambar, animasi, audio dan video dengan alat bantu (tool) dan koneksi (link)
sehingga pengguna dapat melakukan navigasi, berinteraksi, berkarya dan berkomunikasi. Multimedia sering digunakan dalam dunia informatika.
Selain dari dunia informatika, multimedia juga diadopsi oleh dunia game, dan juga
untuk membuat website.
Definisi Multimedia menurut beberapa
ahli :
1. Rosch,
1996 : Multimedia adalah Kombinasi dari komputer dan video
2. McComick, 1996 : Multimedia
adalah Kombinasi dari tiga elemen: suara, gambar, dan teks
3. Turban dan kawan-kawan,
2002 : Multimedia adalah Kombinasi dari paling sedikit dua media input atau
output. Media ini dapat berupa audio (suara, musik), animasi, video, teks,
grafik dan gambar
4. Robin dan Linda, 2001 :
Multimedia adalah Alat yang dapat menciptakan presentasi yang dinamis dan
interaktif yang mengkombinasikan teks, grafik, animasi, audio dan video
5. Steinmetz (1995, p2) :
Multimedia adalah gabungan dari seminimalnya sebuah media diskrit dan sebuah
media kontinu. Media diskrit adalah sebuah media dimana validitas datanya tidak
tergantung dari kondisi waktu, termasuk didalamnya teks dan grafik. Sedangkan
yang dimaksud dengan media kontinu adalah sebuah media dimana validitas datanya
tergantung dari kondisi waktu, termasuk di dalamnya suara dan video.
6. Vaughan (2004, p1) :
Multimedia adalah beberapa kombinasi dari teks, gambar, suara, animasi dan
video dikirim ke anda melalui komputer atau alat elektronik lainnya atau dengan
manipulasi digital.
Sistem Multimedia dapat dibagi menjadi:
1. Sistem Multimedia Stand Alone.
Sistem ini berarti merupakan sistem komputer
multimedia yang memiliki minimal storage (harddisk,
CD-ROM/DVD-ROM/CD-RW/DVD-RW), alat input (keyboard, mouse, scanner, mic), dan
output (speaker, monitor, LCD Proyektor), VGA dan Soundcard.
2. Sistem Multimedia Berbasis Jaringan.
Sistem ini harus terhubung melalui jaringan yang
mempunyai bandwidth yang besar. Perbedaannya adalah adanya sharing sistem dan
pengaksesan terhadap sumber daya yang sama. Contoh: video converence dan video
broadcast
Permasalahan: bila bandwidth kecil, maka akan terjadi
kemacetan jaringan, delay dan masalah infrastruktur yang belum siap.
Komponen utama multimedia :
1. Komputer
2. Links
3. Navigational tools
4. Cara untuk berbagi, memproses, dan mengkomunikasikan informasi dan ide
pemakai .
Cara mengkomunikasi informasi :
1.Modalities (cara) : penglihatan, pendengaran, sentuhan
2.Saluran komunikasi : percakapan, sound effects, music
3.Medium : animasi + suara, gambar + teks
Dampak positif dan negatif MULTIMEDIA :
-Positif :Mempercepat arus informasi, Mempermudah akses terhadap
informasi terbaru, Membantu individu dalam mencari informasi, Media hiburan,
Mepermudah komunikasi dengan individu lainnya yang jauh, Sharing dan berbagi
file, Sebagai lokasi untuk bisnis jual beli, Membantu menyelesaikan
masalah dengan mudah, dll.
-Negatif : Individu
menjadi malas untuk bersosialisasi secara fisik, Meningkatnya penipuan dan juga
kejahatan cyber, Cyber Bullying, Konten negative yang berkembang
pesat, Fitnah dan juga pencemaran nama baik secara luas, dll.
Komentar
Posting Komentar